Wah. KPK Dapati Tagihan Fiktif Yang di Ajukan Rumah Sakit ke BPJS, Manipulasi Diagnosis. Rugikan Negara 34 Miliar

MEDIA MATARAKYATNEWS || JAKARTA, 25/7/2024 – Miris apa yang di lakukan oleh Rumah Sakit (RS) mencurangi klaim ke Badan Pengelola Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kementerian/lembaga lainnya temukan sejumlah modus yang digunakan rumah sakit yang sangat merugikan adalah phantom billing dan manipulasi diagnosis. “Untuk yang paling brutal 2 ini,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, Rabu, (24/7/2024). dikutip dari CNBC

Nainggolan mengatakan phantom billing adalah tagihan fiktif yang diajukan rumah sakit ke BPJS Kesehatan. Dia bilang modus ini dilakukan secara sistematis dan diduga melibatkan banyak pihak rumah sakit. Sebab, untuk mengajukan klaim fiktif pihak rumah sakit harus menyiapkan berbagai dokumen pasien hingga diagnosis palsu.

Baca Juga  Kasus Pemerasan Supir Mobil di Wilayah Menggala Terungkap Polisi Tangkap Dua Warga Tulang Bawang Tengah

Modus phantom billing ditemukan di 1 rumah sakit di Jawa Tengah dan 2 rumah sakit di Sumatera Utara. Kerugian negara akibat modus itu diperkirakan mencapai Rp 34 miliar. “Kami sudah paparkan ke pimpinan KPK dan akan dibawa ke ranah pidana,” ujar Pahala”.

Phantom billing hanya menjadi salah satu temuan dari pemantauan yang dilakukan oleh KPK bersama dengan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selain phantom billing, tim menemukan modus kedua, yaitu manipulasi diagnosis.

Baca Juga  WAH. DPRD PERINTAHKAN PEMDA GELEMBUNGKAN NILAI APBD AGAR DAPAT JATAH

Menurutnya manipulasi diagnosis dilakukan untuk memperbesar klaim yang diajukan ke BPJS. Caranya adalah dengan memanipulasi diagnosis pasien. KPK menemukan dua praktik itu misalnya dilakukan untuk penanganan katarak dan fisioterapi di 3 rumah sakit berbeda. “Di 3 rumah sakit ini ada 4.341 tagihan, tapi yang sebenarnya hanya ada 1.000,” kata Pahala.

Murti Utami Andyanto Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, menambahkan kementeriannya mencatat 4 modus lain dalam fraud klaim BPJS Kesehatan.

Baca Juga  Sidang Pembacaan Eksepsi Tergugat Elfie Augustin Manampiring Dalam Kasus Sengketa Tanah di PN Kelas 1 Manado

Berikut Empat Modus tersebut :

1. self referrals, yakni klaim atas biaya pelayanan akibat rujukan ke rumah sakit tertentu atau ke dokter yang sama di fasilitas kesehatan lain kecuali dengan alasan keterbatasan fasilitas.

2. upcoding, yakni mengubah kode diagnosis/prosedur, sehingga tarif lebih tinggi dari yang seharusnya.

3. repeat billing atau klaim yang diulang pada kasus yang sama.

4. fragmentation, yakni pemecahan paket pelayanan dalam episode yang sama, untuk mendapatkan nilai klaim yang lebih besar pada satu episode perawatan pasien.

RED-MATARAKYATNEWS

Editor : Nj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *