Peduli Petani Cengkeh Sulut. Yulius Selvanus Berjanji Akan Sikat Habis Tengkulak Harga Cengkeh di Bumi Nyiur Melambai

Berita, Politik, Sulut1426 Dilihat

MEDIA MATARAMYATNEWS || SULUT, 22/9/2024 – Kepedulian calon Gubernur Sulawesi Utara Yulius Selvanus yang akrab di sapa YSK, kepada petani cengkeh terbilang tak main-main. Yulius Selvanus sendiri menyaksikan betapa harga cengkeh di Sulut ambruk tanpa sebab, hal ini membuat Yulius Selvanus tergerak hatinya untuk berkomitmen membantu petani cengkeh. Yulius Selvanus Komaling (YSK) berjanji akan menjaga harga cengkeh tetap dengan posisi terbaik manakala dirinya menjadi Gubernur Sulawesi Utara.

Baca Juga  Ketua Ormas LMP Minut; Pelanggaran Netralitas ASN Memiliki Konsekuensi Serius

Cita-cita Yulius Selvanus agar petani cengkeh bisa melakukan eksport secara Individu (sendiri) dan tidak melalui perantara.

Dia (Yulius) mengatakan akan memfasilitasi bagaimana masyarakat petani bisa memahami cara melakukan ekspor yang baik.

“Kedepan ada petani yang bisa ekspor. Kan kalau ekspor sendiri bisa cepat kaya,” kemudian yang belum ngerti eksport, kita akan ajari. Kemudian silahkan ekspor supaya harganya bagus terus,” ujarnya, Jumat (20/9/2024)

Baca Juga  Sidang Pengadilan Kasus Sengketa Tanah Dijadikan Terdakwa Atas Tanahnya Sendiri Kembali Ditunda di PN Manado

Yulius Selvanus juga menegaskan jika ia dipercayakan rakyat Sulut untuk memimpin bumi nyiur melambai, ia tidak segan-segan berantas para tengkulak-tengkulak yang sering kali memainkan harga cengkeh.

“Yang memainkan harga biasanya para kelompok tengkulak dan ingin menguasai harga cengkeh dan berdalih bahwa semua dari pusat, padahal tidak ada seperti itu. harusnya hal seperti ini tidak bole terjadi, kasian petani cengkeh”. Pungkas YSK calon gubernur Sulut”.

Baca Juga  Politisi Muda Partai Gerindra Tommy Parasan Menghimbau Agar Pasar Murah Janganlah Dilakukan di Rumah Ibadah

Diketahui Cengkeh merupakan tanaman endemik, rasa kuncup bunga cengkeh berupa rempah dengan rasa manis dan aroma yang khas, pernah diperebutkan bangsa Eropa sebagai rempah yang kaya manfaat dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Hingga kini, Indonesia merupakan negara penghasil cengkeh terbanyak di dunia. Menurut data Food Agriculturan Organization (FAO), produksi cengkeh Indonesia mencapai 137.641 ton pada tahun 2021

RED-MATARAKYATNEWS

Editor : Nj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *