Sosialisasi Netralitas Anggota Polri di Polres Nabire Jelang Pilkada 2024

MEDIA MATARAKYATNEWS || Nabire Papua Tengah, 9 Oktober 2024 โ€“ Polres Nabire menggelar sosialisasi penting terkait netralitas anggota Polri menjelang Pemilu 2024, sekaligus menindaklanjuti temuan audit kinerja Itwasda Polda Papua Tahap II Tahun 2024. Acara ini berlangsung di ruang RBP Polres Nabire, dimulai pada pukul 09.00 WIT, dan dipimpin oleh Kapolres Nabire AKBP Wahyudi Satriyo Bintoro, S.H., S.I.K., M.Si., didampingi oleh Wakapolres Nabire, KOMPOL Sofian C. A. Samakori.

Foto saat kegiatan Polres Nabire menggelar sosialisasi penting terkait netralitas anggota Polri menjelang Pemilu 2024

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting Polres Nabire, di antaranya Kabag SDM yang diwakili oleh Paurmin SDM IPTU Darmawan Katib, Kabag Log AKP Tukko Bonor Silitonga, Kasipropam IPTU Muhammad Mudasir, S.Sos., serta Kasiwas IPTU Edi Pamuji. Selain itu, 12 personel yang bertugas di luar struktur Polres Nabire juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Baca Juga  Babinsa Napan Melaksanakan Komsos Dengan Para Pemuda Kampung Makimi

Dalam sambutannya, Kapolres Nabire AKBP Wahyudi Satriyo Bintoro, menekankan pentingnya peningkatan keterampilan dan pelatihan bagi anggota yang bertugas sebagai ajudan (Pamtup dan Pamwal). Ia juga mengingatkan bahwa penggunaan senjata api harus menjadi opsi terakhir dan hanya boleh dilakukan dalam situasi yang benar-benar membahayakan. Anggota yang menggunakan senjata api wajib mengikuti prosedur ketat, termasuk mengurus pinjam pakai senpi, menjalani tes psikologi, serta melengkapi administrasi sesuai ketentuan.

Baca Juga  Satreskrim Polres Nabire Serahkan Tersangka Penganiayaan

Kapolres menegaskan pentingnya penyampaian laporan rutin terkait kegiatan yang berpotensi menimbulkan masalah, serta menjaga sikap netral di tengah pelaksanaan Pilkada. Ia juga mengingatkan seluruh personel untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial dan menghindari konsumsi minuman keras (miras) karena dampaknya yang signifikan terhadap individu maupun citra institusi Polri.

Wakapolres Nabire, KOMPOL Sofian C. A. Samakori, menguatkan arahan Kapolres, dengan menekankan agar seluruh petunjuk tersebut dipatuhi secara disiplin. Ia juga memastikan bahwa semua dokumen terkait penggunaan senpi harus lengkap dan tertib. Dukungan juga datang dari Kabag Log dan Kasipropam yang mendorong agar personel segera mengurus kelengkapan administrasi yang dibutuhkan.

Baca Juga  Penyerahan Tersangka Dan Barang Bukti Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan di Kejaksaan Negeri Nabire

Kegiatan sosialisasi ini berakhir pada pukul 11.00 WIT dan berlangsung dengan tertib. Harapannya, seluruh anggota Polres Nabire dapat menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, terutama menjelang Pilkada 2024.(*)

 

RED-MATARAKYATNEWS

Editor : JN

#Humaspolresnabire

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *