Pimpin Upacara Peringatan HANTARU 2024. Menteri AHY : Masyarakat Berhak Dapatkan Pengakuan Secara Legal Dari Negara Terhadap Tanah Yang Mereka Kuasai

Berita, JAKARTA206 Dilihat

MEDIA MATARAKYATNEWS || JAKARTA, 26/9/2024 – Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) 2024, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN untuk bersama-sama terus membangun Kementerian ATR/ BPN.

Harapan Masyarakat untuk mendapatkan pengakuan secara legal dari negara (kepastian hukum) atas tanah milik mereka kini membuka harapan baru, setelah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta kepada jajarannya yakni Kementerian ATR/BPN agar bekerja profesional untuk wujudkan impian Masyarakat.

AHY saat memimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) 2024 di Kementerian ATR/BPN di Jakarta mengatakan bahwa โ€œKementerian ATR/BPN memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Kepastian hukum hak atas tanah menjadi nilai penting dalam memberikan landasan bagi masyarakat, bahwa tanah yang mereka kuasai, mendapatkan pengakuan secara legal dari negara. Ia menyebut โ€œYang telah menjadi tugas pokok masing-masing mari jalankan dengan sebaik-baiknya, para Dirjen (Direktur Jenderal, red) yang memiliki struktur lengkap, rentang komando sampai dengan tingkat yang paling bawah. Mari kita bangun Kementerian ATR/BPN ini dengan sepenuh hati, kapasitas diri yang diikuti dengan integritas yang baik,โ€ ajak Menteri ATR/BTN dalam Upacara Peringatan Hantaru, Jakarta, melansir web AHY, Selasa (24/09/2024).

Baca Juga  Sidang Pengadilan Kasus Sengketa Tanah Dijadikan Terdakwa Atas Tanahnya Sendiri Kembali Ditunda di PN Manado

Adapun upacara tersebut digelar setiap tahun untuk memperingati Hari Lahir Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) ini. Tahun 2024 ini, peringatan HANTARU mengusung tema โ€œSemangat HANTARU, Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045โ€.

Menteri ATR/BPN juga menyebut pihaknya menjalankan implementasi perwujudan Indonesia Emas 2045 melalui berbagai program dan capaian yang telah diraih.

Seperti percepatan legalisasi aset melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah menyentuh angka 117,9 juta bidang tanah.

Baca Juga  Ketum DPP Ormas Waraney Nusantara Herry Mandolang Meninggal Dunia

Kemudian peningkatan penerbitan Sertifikat Tanah Elektronik, di mana sebanyak 1.112.879 telah diterbitkan di 465 Kantor Pertanahan dari total 486 Kantor Pertanahan di Indonesia.

Selain itu, capaian sejumlah program strategis Kementerian ATR/BPN juga diakui dan diapresiasi oleh lembaga internasional maupun lokal dengan diraih sejumlah penghargaan.

Hadir dalam acara peringatan Hantura, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN periode 2019-2022, Surya Tjandra, seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; jajaran Pengurus IKAWATI ATR/BPN Pusat; undangan yang hadir dari mitra Kementerian ATR/BPN; para purnabakti; dan seluruh jajaran di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga  Sejumlah Wartawan Senior Dukung Kepengurusan Pusat PWI Hasil KLB

 

RED-MATARAKYATNEWS

Editor : Nj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *