Waspada. Ribuan Oli Palsu AHM dan Yamalube Beredar Luas di Masyarakat. Begini Cara Cek Keasliannya;

Editor : Nj

MEDIA MATARAKYATNEWS || SULUT, 5/6/2024 – Tindakan tegas Polda Banten baru saja menggerebek pembuatan oli palsu rumahan untuk merek-merek terkenal, seperti Yamalube hingga oli AHM MPX. Parahnya, oli palsu itu laku keras hingga beromzet Rp 5,2 miliar dari aksi jahatnya ini.

Oli palsu yang dikemas secara tradisional itu telah beredar luas di Jakarta, Banten hingga Kalimantan. Total, ada dua orang yang bertanggung jawab secara hukum dijadikan tersangka oleh polisi. “Mereka sudah memproduksi sejak 2023, mereka ada rekan kerja, otodidak, sempat berhenti sebentar di akhir 2023, kemudian mereka punya pemodal lagi, maka terlaksana lagi sejak Februari 2024 sampai saat ini,” ujar Kombes Pol Didik Heriyanto, Kabid Humas Polda Banten, Senin, (3/6)

Ribuan Oli Palsu AHM dan Yamalube Beromzet Rp 5,2 Miliar Disita, Barang bukti yang disita tersebut merupakan oli palsu dalam kemasan yang menyerupai merk Yamalube, Federal Ultratec, AHM MPX1, AHM MPX2 dan AHM SPX2. Selain itu ada 8.500 botol kosong berbagai merk yang siap untuk dikemas. Setiap harinya, kedua ruko yang dijadikan home industri oli palsu itu mampu memproduksi sekitar 2.400 botol yang dijual dengan harga Rp 24 ribu per botolnya. Penghasilan kotor mereka sekitar Rp 5,2 miliar.

Baca Juga  DI DUGA SALAH GUNAKAN DANA HIBAH. BEGINI KLARIFIKASI SEKJEN PWI

Berikut Cara Cek Oli yang Asli Agar anda para pemilik motor tidak menjadi korban, penting untuk mengetahui ciri-ciri dari oli motor yang asli. Sebab, oli motor palsu akan berdampak besar pada kendaraan, dan menimbulkan kerugian untuk perbaikannya.

Pada oli AHM atau untuk motor Honda, dikutip dari situs resmi AHM oleh VIVA Otomotif, Rabu 5 Juni 2024.

Baca Juga  Wah! Dirut PD Pasar Lucky Senduk Tidak Kooperatif Abaikan Panggilan Dewan Kota Manado Kaitannya Dengan Penghentian Ibadah Penginjilan di Shoping Center

Agar tak salah beli, cek security code atau kode keamaan produk diletakkan pada tutup botol, Kode berupa angka ini akan rusak setelah tutup botol dibuka untuk memastikan tutup botol oli tak digunakan untuk kedua kali. Lalu ada hologram seal pada bagian penutup botol terdapat hologram segel yang mengandung security code khusus dan tidak bisa ditiru, Ada QR Qode yang bisa discan, mengadopsi teknologi terbaru berisi kode rahasia unik & memudahkan konsumen cek keaslian produk. Di situ bisa diketahui, segala informasi tentang oli dan hanya bisa discan 5 kali dengan device berbeda.

Hal yang kurang lebih sama juga pada oli Yamalube untuk motor Yamaha. Jika mau pasti asli, bisa beli di dealer resmi Yamaha terdekat, agar Anda tidak ragu dengan keasliannya.

Baca Juga  Ketua Ormas Nasional LMP Kota Manado Kecam Keras Pembubaran Ibadah KKR Dalam Rangka Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus di Kota Manado

Lalu Oli Yamalube dikemas dengan label yang didesain sedemikian rupa agar sulit dipalsukan. Untuk membedakannya dengan oli palsu, pastikan label, logo, dan watermark tersebut masih baru.  Selain itu, stiker label oli Yamalube tidak bisa ditempel lagi sekalipun kamu melepasnya. Terdapat tulisan yang ada di balik label oli Yamalube, dan itu tidak mudah rusak karena tergores ataupun terhapus.

Pastikan juga jika tulisan yang ada pada oli Yamalube rapi, karena oli yang palsu memiliki cetakan yang jelek dan tidak presisi. Terakhir Yamaha telah memberikan kode QR yang bisa kamu lihat dengan melepas stiker label oli Yamalube. melansir dari Viva.co.id/

RED-MATARAKYATNEWS

Nj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *