BANDARA SAM RATULANGI KEMBALI DI BUKA NORMAL, SEBELUMNYA SEMPAT DI TUTUP AKIBAT DAMPAK ERUPSI GUNUNG RUANG

MEDIA MATARAKYATNEWS || MANADO, 22 April 2024 – Kegiatan operasional Bandara Sam Ratulangi kembali dibuka normal setelah sebelumnya ditutup akibat dampak sebaran abu vulkanik Gunung Ruang mulai pada pukul 12.00 Wita. (20/4)

Media ini saat menghubungi via telpon General Manager PT. Angkasa Pura 1 Bandara Samratulangi Maya Damayanti  membenarkan bahwa kegiatan Operasional Bandara Samratulangi sudah di buka kembali, Untuk runway juga sudah siap digunakan, dikarenakan hujan sudah meluruhkan abu abu yang tersebar di runway, taxiway dan apron. Tercatat sejak Kamis tanggal 18 April sampai dengan hari ini jam 12 siang bandara ditutup, akibat erupsi Gunung Ruang ini. ucapnya”.

Baca Juga  Jelang Pilgub Sulut 2024 Sentimen Negatif Terhadap Cagub Yulius Selvanus Komaling (YSK) Kerap Sudutkan Keluarga dan Dianggap Tidak Berperan Menangkan Prabowo Gibran. Relawan Prabowo Binaan Jenderal Komaling Beri Tanggapan

lanjut Darmayanti bahwa Sejak dibuka kembali dijadwalkan ada 12 pesawat dengan 1.233 penumpang yang akan direncanakan berangkat, namun maskapai penerbangan memerlukan waktu juga untuk prepare terhadap penumpang dan pesawatnya. ungkap GM PT. Angkasa Pura 1 Bandara Samratulangi Manado. terangnya”.

Berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Otband Wilayah VIII dengan stakeholder lainnya yaitu Airnav Indonesia,BMKG, Maskapai Penerbangan, akhirnya diputuskan operasional Bandara Sam Ratulangi dibuka kembali di jam 12.00 Wita, Senin(22/04/2024) yang dituangkan melalui NOTAM (Notice To Airmen) bernomor : A1054/24 NOTAMC A1041/24.

Baca Juga  Sidang Pengadilan Kasus Sengketa Tanah Yang di Jadikan Terdakwa Atas Tanahnya Sendiri, Hari Ini Kembali di Gelar di PN Manado. JPU Hadirkan Saksi BPN

Hal ini diputuskan berdasarkan hasil dari uji yang dilakukan pihak Angkasa Pura I melalui paper test yang dipasang di beberapa titik-titik airside serta hasil pantauan dari citra satelit BMKG dan koordinasi dengan PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi) yang telah menetapkan bahwa erupsi Gunung Ruang sudah pada level status jaga bukan awas lagi artinya sudah pada level 3, ini juga didukung dimana debu vulkanik sudah terkena hujan sehingga akan meluruhkan abu tersebut.

Baca Juga  Dapat Jabatan Baru dari Menteri BUMN Erick Thohir. Conny Rumondor di Kabarkan Bukan Lagi Ketua DPD Gerindra Sulut

Informasi dari pihak Airnav Indonesia mengatakan bahwa sejak diputuskannya operasional bandara dibuka kembali, pihak Airnav langsung berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk pengaturan lalulintas penerbangan demi terjaminnya keselamatan yang menjadi prioritas utama.
Diharapkan bandara sam Ratulangi secara keseluruhan bisa melayani penerbangan dan dihimbau bisa menghubungi maskapai penerbangannya masing masing.

Kondisi Bandara Internasional Samratulangi masih terpantau sepi.

 

MEDIA MATATAKYATNEWS
CS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *