Cara Mengetahui Oli Gardan Motor Matic Harus Segera Diganti! Ini Tandanya

CS

MANADO, Otomatif406 Dilihat

MANADO // MEDIA MATARAKYATNEWS, 3/4/2024 – Penggunaan oli gardan yang tepat dan rutin akan menjaga kinerja transmisi otomatis serta mencegah kerusakan yang dapat terjadi akibat gesekan antar komponen.

Oli gardan merupakan salah satu komponen penting dalam perawatan motor matic.

Namun, seringkali pemilik kendaraan mengabaikan pentingnya penggantian oli gardan secara berkala. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri bahwa oli motor perlu diganti agar kendaraan tetap beroperasi dengan baik.

Salah satu ciri yang menunjukkan bahwa oli gardan perlu diganti adalah adanya suara bising yang mengganggu dari arah box CVT.

Baca Juga  Sidang Sengketa Tanah Elfie Manampiring Yang Di Jadikan Terdakwa Atas Tanahnya Sendiri, Kini di Gelar Kembali Pada Pengadilan Negeri Manado. SAKSI Penggugat : Lebih Banyak Menjawab Tidak Tau Dan Katanya. Begini keterangan lengkap Saksi Yang Dihadirkan JPU;

Suara ini timbul karena daya lumas oli berkurang, sehingga gesekan antar komponen transmisi tidak terlumasi dengan baik. Selain itu, kendaraan juga akan terasa lebih bergetar dan performanya akan menurun. Getaran yang semakin kencang terutama terasa saat melalui jalan turunan, menandakan bahwa tipbang gardan sudah tidak bekerja optimal karena kurangnya pelumasan.

Selain itu, suhu gardan yang meningkat juga menjadi indikator bahwa oli gardan perlu diganti. Hal ini dapat menyebabkan overheating dan meningkatkan risiko kerusakan pada komponen transmisi.
Oli yang terkontaminasi atau mengalami perubahan konsistensi juga perlu segera diganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Baca Juga  LSM Minta APH Tindak Tegas Oknum Mafia Tanah dan Korupsi Di Sulut. RAKO-GERAM: Kami Akan Menggelar Aksi Lanjutan Dengan Massa Yang Lebih Besar

Bau yang menyengat dan adanya endapan kerak dalam oli juga menjadi tanda bahwa oli sudah tidak efektif lagi dalam melumasi komponen transmisi.

Untuk menjaga kinerja optimal kendaraan, penggantian oli pada bagian ini sebaiknya dilakukan setiap 12.000 km atau 12 bulan sekali, tergantung pada penggunaan kendaraan.
Jika kendaraan sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau dalam kondisi penggunaan berat, maka penggantian oli gardan dapat dipercepat.

Baca Juga  Sekolah Di Liburkan, Akibat Dampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Tagulandang

Pastikan untuk memeriksa kondisi oli secara berkala dan melakukan penggantian tepat waktu agar kendaraan tetap beroperasi dengan baik dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Dengan mengenali ciri-ciri bahwa oli tersebut perlu diganti dan melakukan penggantian secara berkala, pemilik kendaraan dapat memastikan bahwa transmisi otomatis tetap berfungsi dengan baik dan memperpanjang umur pakai kendaraan.

Jangan mengabaikan perawatan, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan yang serius dan biaya perbaikan yang lebih besar di kemudian hari. (sumber Otoinfo)

Media MatarakyatNews
CS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *