Heboh. Otomotif Jepang Manipulasi Sertifikasi Layak Uji. Jutaan Mobil Sudah di Distribusikan

JAKARTA, Otomatif34 Dilihat

MATARAKAYATNEWS || JAKARTA, 6/6/2024 – Heboh otomotif jepang manipulasi sertifikasi uji layak jalan kendaraan bermotor yang berdampak pada jutaan mobil yang sudah di distribusikan ke masyarakat.

Melansir dari Kompas.com. laporan Kyodo News pada Selasa (4/6/2024), kendaraan yang terlibat atas pelanggaran ini, total sedikitnya ada 6,2 juta. akumulasi produk ini dari lima pabrikan raksasa seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mazda, dan Yamaha.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, serta Pariwisata Jepang (MLIT) menyebut kendaraan yang terlibat merupakan hasil produksi dari pabrik masing-masing perusahaan di Jepang.

Baca Juga  DALIL-DALIL PEMOHON PADA SIDANG SENGKETA PILPRES DI MK HANYA BERDASARKAN OMON-OMON ALIAS TIDAK TERBUKTI

Pada konferensi pers Chairman Toyota Motor Corporation Akio Toyoda mengakui kesalahan itu. ada tujuh model kendaraan yang terlibat, namun menurutnya empat diantaranya tidak lagi di produksi sejak 2024.

Produk yang dimaksud adalah Corolla Fielder, Corolla Axio, Yaris Cross, dan Crown, Isis, Sienta, serta RX. Perkiraan populasi kendaraan yang terlibat mencapai 1,7 juta unit. “Masalah ini meibatkan dua manufaktur, yaitu TMC dan Toyota Motors North Japan,” kata dia, Senin (3/6/2024).

Baca Juga  Kebijakan Pemerintah Tidak Berpihak dan Merugikan Peternak Unggas: Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) Mendesak Presiden Republik Indonesia Untuk Meningkatkan Harga Jual Ayam Hidup

CEO Toshihiro Mibe menjelaskan untuk Honda skandal melibatkan model CR-V, Accord, Fit, Jade, Vezel, Freed, NSX, Inspire, sampai Odyssey dan CR-Z.

Adapun total populasi kendaraan yang terlibat diperkirakan mencapai 4,37 juta unit. “Tapi mereka berdua memastikan mobil tetap aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena masalahnya bukan berada sisi teknis”.

Sementara untuk Mazda, model yang terlibat ialah Roadster RF dan hatchback Mazda2 dengan perkiraan populasi sebanyak 150.000 unit.

Sedangkan untuk Suzuki dan Yamaha meskipun belum mengungkap modelnya, perkiraan jumlah unit yang terlibat masing-masing sebesar 26.000 unit serta 7.000 unit kendaraan.

Baca Juga  Cara Mengetahui Oli Gardan Motor Matic Harus Segera Diganti! Ini Tandanya

Berikut skandal sertifikasi yang melibatkan kelima perusahaan otomotif raksasa, diantaranya;

1. Toyota: Menyerahkan data tidak akurat dan memanipulasi output mesin selama pengujian.

2. Mazda: Menulis ulang program pengendali mesin agar lolos uji emisi.

3. Yamaha (dan lainnya): Melaporkan hasil uji emisi yang dipalsukan.

Akibatnya Perusahaan melakukan penangguhan produksi dan distribusi model kendaraan dimaksud.

RED-MATARAKYATNEWS

Nj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *