Permohonan Olly Dondokambey Pengungsi Dapat Lahan Satu Hektar Perkeluarga. Gerak Cepat Jokowi Instruksikan Menteri (ATR/BPN) AHY Tinjau Lahan Relokasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Tagulandang

Nj

MEDIA MATARAMYATNEWS || SULUT, 5/5/2024 – Joko Widodo Presiden RI menyetujui permintaan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey agar warga gunung Ruang, Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) yang direlokasi beroleh lahan untuk berkebun.

Permintaan tersebut disampaikan Olly dalam rapat terbatas yang disampaikan secara daring Jumat (3/5/2024).

“Mohon karena diluar rumah mereka yang rusak, kebun mereka juga habis Pak. Kalau bisa ada tambahan lahan perkebunan bagi 301 keluarga yang akan direlokasi,” kata dia.
Usulan itu langsung disetujui. Jokowi memerintahkan agar usulan Olly dikabulkan. Dengan begitu, para pengungsi akan beroleh lahan satu hektar per keluarga di lokasi relokasi. “Apa yang disampaikan Pak Gubernur saya setuju, ada tambahan lahan pertanian dan perkebunan, saya kira ini penting sekali berkaitan dengan pekerjaan buat mereka,”ucapnya

Baca Juga  SIDANG KASUS SENGKETA TANAH YANG DI JADIKAN TERDAKWA ATAS TANAHNYA SENDIRI. HAKIM PN MANADO BACAKAN PUTUSAN SELA. BEGINI BUNYI PUTUSAN

Sebelumnya, saat berkunjung ke Tagulandang, Jumat (3/5/2024), Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan rencana untuk merelokasi warga korban dampak gunung ruang.

Dia memastikan warga yang direlokasi akan beroleh rumah dan fasilitas pendukungnya.
Olly janji memperjuangkan agar warga juga beroleh lahan untuk berkebun.
Sebut Olly, para pengungsi akan direlokasi pada tempat yang nyaman sebagaimana kehidupan mereka di pulau Ruang.
Lokasinya juga akan disesuaikan dengan kultur, budaya masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro.
Kemudian mata pencaharian warga yang telah terbiasa bertani maupun melaut.
“Di Minahasa Utara yakni Likupang dan Bolaang Mongondow Selatan yakni Tutuyan dan Dumagin)

Baca Juga  Mengenal Sosok Advokat DR. Santrawan Totone Paparang, SH, MH, M.Kn. Di Kenal Ramah Dan Berjiwa Sosial

Hal ini di buktikan dengan kedatangan Menteri (ATR/BPN) AHY untuk memastikan mengunjungi calon lahan relokasi warga pengungsi yang terdampak semburan abu vulkanik Gunung Ruang, Tagulandang, Sulawesi Utara.

Calon lahan relokasi itu bertempat di Desa Modisi, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. “Saya ingin meyakinkan apakah lahan yang dipersiapkan di Bolaang Mongondow Selatan ini sudah siap, statusnya sudah clean and clear,” kata AHY melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga  LMP Kota Manado Kembali Lakukan Giat Pengamanan Sholat Ied Umat Muslim di Halaman Kodim 1309 Kota Manado

AHY mengklaim akan mempercepat proses administrasi pertanahan untuk lahan relokasi tersebut. Dengan begitu, relokasi dan pembangunan infrastuktur bagi warga pengungsi bisa segera dilakukan. tuturnya”.

Harapan baru bagi Korban Dampak Gunung Ruang Tagulandang untuk mendapatkan Rumah dan Lahan serta fasilitas pendukung.

 

RED – MATARAKYATNEWS
Nj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *