Darurat Masker Untuk Masyarakat. Abu Vulkanik Erupsi Gunung Ruang Berdampak Ke Beberapa Wilayah di Minahasa Utara.

Cs

MEDIA MATARAMYATNEWS || MINAHASA UTARA, 01/05/2024 – Dampak Erupsi Gunung Ruang berdampak juga kepada masyarakat yang berada di wilayah Minahasa Utara.

Ini butuh perhatian khusus pemerintah untuk bisa membagikan masker secara Gratis kepada masyarakat akibat dampak Erupsi Abu Gunung Ruang. Agar terhindar serta mencegah terpapar abu vulkanik, yang bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan ISPA.

Jhoni salah satu warga di desa Lumpias mengeluhkan sesak nafas. Hidung terasa tersumbat saat menghirup udara yang masih tercium seperti ada aroma belerang dari material abu vulkanik. Ia khawatir akan berdampak lebih parah kepada kesehatan masyarakat. ucapnya”.

Tommy warga Likupang juga menyampaikan hal yang sama, “saya mohon agar diberikan bantuan Masker oleh pemerintah agar aktifitas sehari – hari kami bisa berjalan dengan baik. Apalagi saya hanya berprofesi sebagai tukang ojek. aktifitas saya selalu ada dijalanan. Abunya masih terlihat menyelimuti di sepanjang jalan. ungkapnya”.

Baca Juga  KETUA MARKAS DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA Pdt. JERRY CH SANGER, S.Th MELANTIK VRAISER A. TELEW, SE. SEBAGAI KETUA LASKAR MERAH PUTIH MARKAS CABANG KABUPATEN MINAHASA UTARA PERIODE 2024-2029

Bagi mereka yang beraktifitas di luar rumah sangat rentan terpapar abu vulkainik di saat melakukan perjalanan dengan kendaraan R2 maupun R4, tentunya bisa merasakan tebaran material abu vulkanik ini. Apalagi saat ada hujan dengan intensitas rendah, akan nampak seperti lumpur dan menempel pada kendaraan. Ketika di parkir lama di luar rumah. Bahkan bagian atap rumah warga pun masih terlihat. Ketika pada saat di guyur hujan abu vulkanik ini melanda. Inipun terjadi di sebagian daerah di Sulawesi utara, khususnya di Minahasa utara.

Baca Juga  Pererat Silaturahmi Dan Evaluasi Kinerja. Ormas LMP Minut Gelar Rapat Koordinasi

Akibat hujan abu vulkanik, dan material serta tingkat aktifitas yang diakibatkan oleh letusan Gunung “Ruang”, Tagulandang, saat ini berstatus “Awas”. Kondisi udara mencapai tingkat polusi tinggi dan tidak sehat untuk kelompok yang sensitif. Sebaran abu vulkanik Gunung Ruang cukup berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan

Berikut ini adalah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan dari abu vulkanik terhadap pernafasan seseorang, seperti:
1. Iritasi hidung dan pilek
2. Iritasi dan sakit tenggorokan, kadang disertai dengan batuk kering.
3. Untuk penderita penyakit pernapasan, abu vulkanik dapat menyebabkan penyakit menjadi serius seperti tanda-tanda bronkitis akut selama beberapa hari (seperti: batuk kering, produksi dahak berlebih, hingga sesak napas)
4. Iritasi saluran pernapasan bagi penderita asma atau bronkitis; keluhan umum dari penderita asma antara lain mengalami sesak nafas dan batuk.
5. Ketidaknyamanan saat bernapas.

Baca Juga  Menunggu Janji Tak Pasti Dari Pemerintah. Bantuan Bencana Alam Akan Perbaiki Rumah Yang Tertimpa Pohon Hanya Pepesan Kosong. Begini Kondisi Korban Pasca Bencana;

Demi mencegah dampak buruk terjadi,
Di harapkan masyarakat yang akan keluar rumah agar lebih waspada. Penggunaan “masker” sangat di anjurkan untuk melakukan aktifitas di luar rumah serta menghindari area yang dikhawatirkan masih berpotensi terselimuti abu vulkanik dari Gunung Ruang.

Red – MataRakyatNews
CS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *