TIM PUBLIKASI KERAJAAN TABUKAN 2024 TERBENTUK

MEDIA MATARAKYATNEWS // MANADO, 23 Maret 2024 – Tim Publikasi Kerajaan Tabukan 2024 terbentuk di Manado dihadiri Raja Kolano ke-17 Dipati Yang Mulia (DYM) JOHANIS JANIS. Tim dipimpin Ketuanya Ir. Agreini Lodewijk Lengkong, AMa.TA, Wakil Ruddy Dapi SP, Sekretaris merangkap Konsultan Hukum Dr Adam Panto SH MH Kolonel Chk Purn, Wakil Sek IPP Effendi Maaruf, Bendahara Nurjanah Mamonto, Wakil Bend Eti Tahlib. (23/03)

Tim Publikasi ini merupakan bagian Program Raja (Kolano) Tabukan Ke 17 DYM.

Baca Juga  Inilah Fenomena Gerhana Matahari Total, Catat Tanggalnya

Johanis Janis mengatakan bahwa saat ini generasi milenial perlu mengetahui keberadaan dan peran Kerajaan / Kulano Tabukan, baik di kanca Internasional apalagi Nasional bersama 65 Kerajaan/Keraton di Indonesia. kata Johanis”.

Menurutnya, 17 Agustus 2018 yang lalu 65 Kerajaan/Keraton di Indonesia termasuk dirinya dari Kerajaan Tabukan datang menghadiri HUT Kemerdekaan RI tahun 2018 tersebut. tuturnya”.

Ketika Pulau Miangas diakui Amerika sebagai bagian dari Philipina saat itu tahun 1912 Raja/Kulano SARAPIL maju dan tidak gentar mengatakan Pulau Miangas  adalah bagian Tanah Kerajaan Tabukan sehingga Perwakilan Gubernur Hindia Belanda berkedudukan di Makassar memenuhi permintaan Raja /Kulano YONATAN SARAPIL didampingi ahli sejarah Tabukan Sakarias Adipati agar datang ke Pulau Miangas yang hasilnya Kapal Seven Provincio didatangkan mengambil 12 dokumen milik Kerajaan Tabukan terhadap Pulau Miangas itu. Pada akhirnya tahun 1925 melalui Arbitrase Internasional secara sah mengakui Pulau Miangas bagian Kerajaan Tabukan.

Baca Juga  LMP MINAHASA UTARA SERAHKAN BANTUAN TERDAMPAK KORBAN ERUPSI GUNUNG RUANG TAGULANDANG

Belakangan di tahun 1960 melalui Agraria Pusat di Jakarta menerbitkan surat penting bagi ahli waris Kerajaan Tabukan sejumlah aset tanah untuk diolah.

Untuk rencana terdekat dalam rangka 17 Agustus 2024 di IKN di Kaltim Raja (Kolano) ke 17 DYM.l, Johanis Janis dengan Pakaian Kerajaan/Kulano Tabukan akan gunakan Mahkota Kulano untuk menghadiri Upacara Kenegaraan Kemerdekaan RI 2024 tersebut.

Baca Juga  VRAISER AUDI TELEW, SE PIMPIN LASKAR MERAH PUTIH MARKAS CABANG KABUPATEN MINAHASA UTARA PERIODE 2024-2029

 

Red-Media MatarakyatNews

Adam Ponto, SH. MH

timpubrakul17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *