Tim Siskom20 Trinita Mengembangkan Sistem Kecerdasan Moral (SICEMOR) Berbasis Android

KOTA MANADO|SULAWESI UTARA|MediamatarakyatNewstv. 20 Oktober 2023|Selalu ada orang-orang yang ingin mendapatkan nilai akhir mata kuliah bahkan gelar atau derajat akademik melalui jalan pintas untuk beragam alasan dan kepentingan. Gelar itu diperoleh bukan dengan kaidah, proses, dan standar capaian akademik yang otentik, melainkan atas dasar transaksional. Memilih untuk menolak melakukan tindakan seperti itu merupakan sebuah keputusan etis yang dilakukan oleh seseorang karena dorongan moral atau akhaknya bukan intelektualnya. Artinya kecerdasan intelektual harus dilengkapi dengan kecerdasan moral. Disinilah urgensinya mengukur kecerdasan moral seseorang.

Di kampus kami, Universitas Trinita, pernah terjadi ujian tugas akhir mahasiswa yang dibatalkan karena terindikasi plagiat. Juga pernah ada nilai akhir mata kuliah yang dibatalkan pihak akademik karena mahasiswa tersebut terbukti melakukan tindakan pelanggaran akademik dan transaksi nilai.
Hal ini telah mendorong 4 orang mahasiswa Sistem Komputer Universitas Trinita yaitu Henry Hendrawan, Prasetyo Y Damongi, Petra Egeten dan Injilia Rindorindo yang tergabung dalam Tim Siskom20 Trinita untuk merancang aplikasi sistem kecerdasan moral berbasis android. Setelah menjalani tahap penelitian dan pengembangan, SiCeMor dapat digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan moral pengguna. Menggunakan instrumen pengukuran Moral Competency Inventory (MCI) yang dikembangkan oleh Lennick, Kiel & Jordan, SiCeMor dapat memberikan hasil skor beserta poin-poin dari 10 kompetensi moral kepada pengguna. Henry sebagai ketua tim Siskom20 Trinita menjelaskan. “Dari segi fungsionalitas, hasil dari pengembangan yang kami lakukan lebih dari sebulan ini, setelah melewati tahap pengujian, kami dapat memproduksi aplikasi yang dapat bekerja sesuai dengan rancangan algoritma yang kami buat. Memanfaatkan MVVM arsitektur beserta layanan google Firebase, SiCeMor kini dapat digunakan melalui aplikasi TrinitaLink. Berikut tampilan final dari SiCeMor.”

Baca Juga 

Untuk memperkenalkan aplikasi yang telah berhasil dikembangkan oleh Tim Siskom20 Trinita kepada sivitas akademika Universitas Trinita maka telah dilakukan sosialisasi dan juga demostrasi aplikasi pada tanggal 28-29 September 2023 bertempat di Lt. 3 Ruang Serbaguna Graha 1 Trinita.
Informasi yang disampaikan oleh dosen pembimbing, Yuliana Mose, S.Kom,MSi, “Ide membuat aplikasi ini muncul dari diskusi di kelas pada mata kuliah Kecakapan antar personal dan Etika Profesi, setelah mendapatkan informasi kompetisi KPK CIFest 2023. Aplikasi SiCeMor ini juga telah diikutkan dalam Campus Integrity Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jejaring Pendidikan KPK RI. Sicemor berhasil masuk sebagai finalis 25 besar seluruh Indonesia pada urutan ke-11 tingkat nasional.” Berikut link Google Play Store dan tampilan TrinitaLink – SiCeMor dalam Google Play Store yang dapat di unduh secara gratis https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pcoding.trinitalink. SiCeMor di rancang untuk meningkatkan kesadaran moral dan etika pengguna secara pribadi. Sehingga aplikasi ini dapat berperan sebagai mentor pribadi untuk meningkat integritas seseorang.

Baca Juga  Polsek Leuwiliang Bersama Instansi Terkait Lakukan Pengecekan Serta Evakuasi Adnanya Musibah Benxana Alam Angin Puting Beliung Akibat Intesitas Hujan Yang Sangat Tinggi

Penulis : Tim Siskom20 Trinita yang juga merupakan mahasiswa program studi sistem komputer Universitas Trinita

WR1 YM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *