13 Orang Tewas dan 46 Orang Luka. Smelter Nikel Di Kawasan PT IMIP Meledak

MOROWALI – SULTENG // Media MatarakyatNews, 24/12/2023 – terjadi insiden karena ledakan tungku di salah satu pengolahan nikel milik PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), salah satu tenant yang beroperasi di Kawasan IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah

Korban tewas akibat kebakaran yang terjadi di tungku smelter nikel milik PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), bertambah menjadi 13 orang dari sebelumnya 12 orang. Sementara itu, 46 orang mengalami luka.

umumnya disebabkan karena “terkena uap panas”. Sebanyak 29 korban luka dirujuk ke RSUD Morowali, 12 orang sedang dilakukan observasi oleh Klinik IMIP, dan lima orang rawat jalan.

Insiden bermula saat sejumlah pekerja melakukan perbaikan pada tungku feronikel No.41 yang masih ditutup untuk maintenance. Para pekerja tengah memasang plat pada bagian tungku.

informasi yang di dapatkan media Saat perbaikan berlangsung, ternyata di bagian bawah tungku masih terdapat sisa carian slag atau bahan limbah berbatu yang dipisahkan dari logam selama peleburan atau pemurnian bijih. Carian slag itu keluar dan bersentuhan dengan barang-barang mudah terbakar di lokasi.

“Penyebab ledakan diperkirakan, karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan, saat proses perbaikan tersebut. Kemudian terjadi ledakan,” kata Kepala Divisi Media Relations PT IMIP Dedy Kurniawan dalam keterangannya, Minggu (24/12).

Di area tungku smelter tersebut, terdapat sejumlah tabung oksigen sehingga pada saat terjadinya ledakan tabung oksigen ikut juga meledak.

Sejumlah pekerja terlihat nekat melompat untuk menghindari panas dari ledakan tungku smelter.

Banyak tabung oksigen di lokasi yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku. Sehingga ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak.
“Jumlah korban meninggal terbaru yang terkonfirmasi adalah 13 orang, terdiri atas 5 pekerja asal Tiongkok dan 8 dari Indonesia. Sementara itu sebanyak 46 orang luka-luka telah mendapatkan pertolongan medis.

Saat ini, beberapa korban yang berhasil diidentifikasi, dan atas permintaan pihak keluarga korban, jenazah mereka hari ini telah diterbangkan ke kampung halaman masing-masing.

“PT IMIP sebagai perusahaan yang menaungi kawasan lingkar industri Morowali turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah ini, terutama keluarga para korban yang terdampak dari tragedi ini.

 

Redaksi MatarakyatNews

Erich

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *